Saturday, October 22, 2011

Derita Gigi Geraham Bungsu

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Apa kabar? Gak terasa ya dah weekend, asyiiikk bisa bersantai sejenak dari rutinitas seminggu ini. Mumpung lagi bisa bersantai ria saya mau posting lagi ah, hmmm sekalian curcol tepatnya ini, hehehhehh. 

Ini cerita tentang derita yang ku alami karena gigi graham bungsu yang tidak tumbuh secara sempurna. Sebenarnya si gigi graham bungsu ini udah pada tumbuh sejak *klo gak salah 3 tahun yang lalu, 2007* tapi sampai sekarang tumbuhnya gak sempurna aka cuma setengah aja jadinya itu gigi sekarang seperti ada celah, seperti berlubang gitu. Wal hasil klo makan sering nyangkut ke celah tadi lumayan mengganggu sih apalagi klo tiba-tiba si gigi berulah membuat saya kadang jadi susah mengunyah. 

Bahkan pernah tahun 2010 kemarin ada benjolan atau luka semacam sariawanlah di gusi tempat si gigi bermukim, karena sariawan ini 1 minggu saya jadi susah makan. Jangankan makan, buka mulut pun susah, sakiiit banget *berasa puasa ngomong deh waktu itu*. Yang bisa masuk itu cuma cairan aja jadi waktu itu hampir 2 hari bener-bener gak bisa makan, hanya memaksakan diri untuk minum yang banyak, minum susu juga cereal biar gak lemas biar energi tetap ada. Karena gak makan itu jadinya si maag pun sempat kumat karena hal ini. 

Tahun lalu udah pernah kontrol ke dokter gigi, kata dokter giginya harus diangkat itu harus dioperasi. Hiikss, shock dunk pastinya waktu dengar dokter bilang harus dioperasi. Saya nanya apa gak ada cara lain dokter? Katanya gak ada, daripada merusak gigi yang lain jadi itu harus dioperasi. Huhuh, gak deh dokter, makasih. Jadi waktu itu cuma scaling aja. 

Oh iya, sempat juga chit chat ma Uchie, teman blogger dan plurk Medan yang dia sekarang juga seorang dokter gigi dan jawaban Uchie sama juga dengan jawaban dokter gigi yang saya temui sebelumnya, harus dioperasi. Ups, makasih Chie, tapi saya belum berani deh kayaknya untuk melakukan operasi itu. 

Kalau ada yang nanya kenapa saya gak berani operasi itu? Yah simple, takut! Iyah, saya takut. Saya takut klo ternyata operasi gigi itu akan ngefek pada syaraf, akan membuat saya makin sakit setelahnya. Saya takut juga dengan suntik, jarum dan argghh tindakan-tindakan yang akan dilakukan terhadap gigi saya, iihhh sereemm deh rasanya. 

Beberapa malam yang lalu saya memberanikan diri lagi untuk kontrol ke dokter gigi, ceritanya sih mau scaling lagi secara udah setahun si karang gigi gak dibersihkan. Tapi kali ini saya gak ke dokter gigi yang waktu itu tapi saya ke dokter gigi praktek yang dekat kompleks. Ternyata setelah dicek ma dokter dan dokter ini pun menyarankan bahkan mengharuskan untuk segera operasi biar gak merusak gigi lain, katanya. Karena gusi saya tidak menunjang bagi si gigi untuk tumbuh secara sempurna. Sebenarnya sih gak mau, masih tetap takut tapi diberi penjelasan dan rujukan untuk rontgen si gigi ini hmm saya bilang iyah aja deh untuk rontgen biar sekalian liat penampakan si gigi bagaimana sih? Dan keesokan harinya, pagi-pagi sebelum ke kantor saya sempatin ke Rumah Sakit tempat si dokter memberikan rujukan kebetulan banget jaraknya dekat ama kantor yasutlah sekali jalan juga. Berikut ini nih penampakannya.

Geraham Bungsu Kiri Kanan yang Menyamping
Nah dari hasil rontgen si gigi ternyata emang gak tumbuh secara sempurna seperti gigi yang lain, speechless  deh liatnya. Malamnya saya ke dokter gigi lagi untuk memberikan hasil rontgen ke dokter gigi nya. Dan katanya dijadwalkan untuk operasi Minggu depan, boleh pas weekend biar gak mengganggu hari kerja saya, yah intinya semua dibalikkan lagi ke saya. Si dokter sih ngasih pilihan boleh operasinya dilakukan di tempat praktek dia boleh juga di rumah sakit tempat dia bekerja *-biar-lebih-irit-dari-segi-biaya-* ;)) 

Di depan dokter sih saya sok tegar aja tapi sebenarnya saya takut. Saya dah tanya-tanya ke dokter tentang operasinya itu gimana dan dari penjelasan dokter sih operasinya gak seram seperti yang saya bayangkan katanya. Pokoknya si dokter mah ngasih support aja biar saya berani tapi tetap takut dokter, ikkkss.

Hmm apalagi jadi ingat si Gaphe pernah juga cerita tentang operasi gigi geraham bungsunya bulan lalu, aiihh jadi makin takut. Ditambah lagi setelah baca postingannya mengenai 10 hal yang harus diperhatikan setelah operasi jadi makin dag dig dug deer gak jelas deh.

Disatu sisi pengen agar masalah gigi ini gak berkepanjangan lagi tapi disisi lain ketakutan saya masih lebih besar dibanding keberanian untuk operasi. Mana awal bulan depan itu ada 2 workshop dari kantor yang harus ditangani pula, aiittss jadi makin atuuutt deh, keknya sih mau mengulur waktu atau kabur aja kali yaa? Xixixix.

Gimana temans, ada sarankah? Atau ada juga yang mengalami hal yang sama dengan saya? Let's share, please ^___^



25 comments:

  1. waduuu aku belum perna ngalamin gt di,jgn sampe deh soalnya paling takut sama dokter gigi >.<

    semoga operasinya lancar di, ayo diah bisaaa :D

    ReplyDelete
  2. Aku juga pernah mengalami hal serupa,, secepatnya aku atasi,. mau ke dokter waktu g ada duit,. hehhehe,,. jadi pake' tradisional aja,.

    ReplyDelete
  3. daripada sakit hati
    lebih baik sakit gigi

    itu slogannya Maggie Z. hehehehehee

    semoga cepet sembuh deh giginya yaaa
    tersiksa banget tuh sakit gigi

    ReplyDelete
  4. semakin cepat semakin baik diah
    kan klo udah dioperasi kamu jadi gak ada masalah sakit lagi
    paling sakit abis operasi aja :D

    ReplyDelete
  5. yang penting siap dulu..
    saya kemarin dadakan soalnya udah ngerasa sakiit.
    tapi sekarang alhamdulillah semua keluhan menghilang seketika!. udah nggak sakit lagi, daaan bisa makan aapppaaah ajaah.

    *masih dua sih yang kudu dicabut, awal tahun aja deh :)

    ReplyDelete
  6. @Devi: mudah2n gak ngalamin ya Dev, yg penting gigi udah lengkap berarti udah aman tuh :D

    masih blm yakin mw operasi apa kagak :(

    @Art: hoo`oh nih, mahal juga soalnya, padahal ada wishlist yg lain #gakmaurugi, xixiix

    @Mbak Elsa: iyaahh Mbak, sangat nih, maakasiih ya Mbak :)

    @Mbak Ria: ikss, masih blm tau nih Mbak, pengennya sih gk usah operasi :( btw makasih supportnya ya Mbak :D

    @Gaphe: nah itu dia Gaphe, gak siap mental saya... ikkss, sakitnya sih gak selalu tapi unpredictable gitu deh -___-

    weeew masih dua lagi ya dirimu?? yg atas lagi berarti yak?? yg kek gini emang atas bawah yaa tumbuh gak normalnya :(

    ReplyDelete
  7. aku dulu pernah waktu SMA operasi gigi... sekarang udah lupa rasanya hehehe.
    Tapi kemarin aku habis dari blognya Indi yg juga habis operasi gigi.
    Sepertinya emang operasi adalah jalan keluar terbaik deh.

    ReplyDelete
  8. Wah, Kk Diah...
    Huhuhu... Paling takut klo ke dokter gigi... >.<

    Ning doain deh semoga operasinya lancar2 aja. Aminnnn... :)

    ReplyDelete
  9. Hhhmm..pasti belum operasi toh jenkk??Atau sudah? Kenapa ga liat beritanya dirimu di Insert ya?wkwkwk..

    Nanti kalo ke KDI lagi saya cek giginya yah :p

    ReplyDelete
  10. nggak usah berpatokan ke Gaphe, Diah.. agak lebay soale si Gaphe... hahaha... *maafkan, Phe*

    soalnya, kalau gigi miring itu nggak diambil udah pasti akan menjadi keluhan berkepanjangan kan...

    semoga bisa diambil segera ya... :-D

    ReplyDelete
  11. ayoo...semagat....harus berani...*sambil sorak-sorak

    ReplyDelete
  12. emang paling banyak masalah ya gigi geraham pojok itu. masih mending operasi itu... kalo gw ya, harus rekonstruksi tulang rahang karena suka bunyi tak tuk. tuh, siapa lebih seram cobaaa??

    ReplyDelete
  13. liat dari ronsennya masih mending punya diah, aku udah bobo sempurna giginya. jadi boro2 bisa tahu ada yg aneh dari gusi, yang ada efeknya langsung mendorong tulang rahang sampai lock jaw, hehehe. sampai sekarang kalau buka mulut suka gak mau nutup. nantih abis operasi ketiga aku baru bedah rahang. oya, ini ceritaku, mudah2an berguna ya: http://duniakecilindi.blogspot.com/2011/10/diary-of-impacted-wisdom-tooth-lol-p.html
    gak terlalumenakutkan kok kalau sudah lewat :)

    ReplyDelete
  14. tuh ada ahlinya udah komen diatas ya diah :)

    ReplyDelete
  15. Belum sembuh ya giginya?

    ReplyDelete
  16. Hallo Mba :D udah lama banget ga mampir sini hehe

    seriusan mau operasi? semoga semuanya lancar ya mba *speechless aslinya :|

    ReplyDelete
  17. pengalaman yg menyeramkan. gak kuku saya sakit gigi. sukur sekarang udah gak pernah sakit gigi lagi, apalagi sariawan, karena rajin sikat gigi

    ReplyDelete
  18. Wah gigi bungsu saya juga belum keluar sempurna lho hehe,
    kadang2 suakitnya juga luar biasa hikz

    ReplyDelete
  19. gak rajin sikat gigi sih, hihihihihihi

    ReplyDelete
  20. Sudah adami yg bungsu yah...
    Lamami tidak mampir..soalnya jarng2mi posting sama Blogwalking.....
    Kalau dulu masih bujang..rajin sekali Posting,tapi setelah stay di jakarta dan nikah...,waktu buat posting serasa tidak ada...
    Bagaimana Kabar Kendari,,sudah lamami tidak pulang sejak 2007,bagemana anak2 FKI? masih sering kumpul2..?

    ReplyDelete
  21. @Mbak Reni: oohh dulu jg pernah operasi gigi y Mbak?? iikks, masih takut, masih belum siap :D

    @Ning: hu`uh Ning, masih dag dig dug der, makasih ya Ning dah mw doain :D

    @Irna: hahahhah, jgnmi U cek deh, makin takut saya nanti >,<

    @Mbak Lyliana: hmm gitu ya bu Dokter?? huhuh nambah lagi nih drg. yg saranin operasi *takuuuttt Mbak :(

    @Ione: heheh, sorak2 macam cheerleeders aja :p

    @Meutia: wew rekonstruksi tulang rahang, jadi ngilu saya dengernya, serem, jadii kapan tu mw dieksekusi?? #nyariteman :))

    @Mbak Lidya: iyaah Mbak, hehehheh

    ReplyDelete
  22. @Indi: wedeeww panjang bener tuh Indi, prosesinya.. aduuhh, hiikss but thanks for share dan penguatannya yaa Indi :)

    @Izzah: iyaaahh dah lama banget gk main sini Dek, gmana kulnya??
    hu`uh nihh masih bimbang dan ragu sih sebenernya mw operasi :o

    @Rusydi: syukurlah klo dirimu udah jauh dari masalah gigi :D

    @Mbak Tarry: tapi gak harus dioperasi kan Mbak??

    @Kira: koq tau?? kamu dukun ya?? :p

    ReplyDelete
  23. @DeLaKeKe: sudah lamami ini tumbuhnya Kak, tapi dy ndk jelas, ikkss
    taawwaa yg dah married, jadi adami ini ponakan-FKI junior??
    Kabar Kendari begini2 ji, rata2 nikahmi smua orang FKI jadi jarang mi jg ngumpul2 kek dulu, tapi klo kumpul jadi makin rame secara pada bawa anak-istri :D

    ReplyDelete
  24. belum pernah sih..duh kebayang deh sakitnya. hiks..btw, aku dah kirim imelnya ya. tapi ongkir ke Kendari mahal juga ternyata. Rp.31.000,- per 1 kg. Itu via TIKI reguler

    ReplyDelete
  25. Anonymous7:11 AM

    wah,, semangat!!
    waktu gigi grahamku tumbuh juga sakitnya luar biasa, sampai buat nelen ama buka mulut aja susah ditambah lagi demam+sakit kepala,, tapi alhamdulilah hal itu cuma terjadi 2 hari aja. Karena takut ke dokter jadi gag pernah ke dokter, dan sekrang gigi gerahamku yg belum tumbuh tinggal 1.

    buat mbak diah, semangat yaa!! dari pada sakitnya berkelanjutan mendingan operasi aja mbak, mgkin sakitnya habis operasi itu cuma beberapa hari aja. Lagian ntar klo operasi dibius koq mbak :)


    -rizky-

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca [tinggalkan seserahan juga boleh :P]

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

^^thanks for reading^^

Link With in

Related Posts with Thumbnails