Thursday, July 22, 2010

Miss to Teach

Bismillahirrahmanirrahim.....

Hmmm sepertinya kali ini ingin menulis dengan serius [tapi tetap santai] dikit...
Oke, well... gak usah berlama-lama, let's talk about this topic :)

Sebagai seorang lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang notabene semua jurusan dan program study yang ada di fakultas saya ini adalah berbasis pendidikan yang mana harapan kedepannya itu si alumni bisa menjadi seorang pendidik generasi penerus bangsa, singkatnya menjadi seorang pengajar aka Guru. Olehnya itu kami ini tidak hanya dibekali dengan ijazah seperti halnya alumni pada fakultas-fakultas lain yang bukan berbasis pengajaran, tapi kami alumni FKIP juga diberikan Akta Mengajar yang menjadi pembeda dari alumni dari fakultas lain. So, dengan Akta Mengajar ini kami mempunyai hak dan kesempatan sebagai tenaga pendidik tadi ;)

Ada Apa dengan Akta Mengajar? Kenapa harus ada Akta Mengajar?
Yah karena Akta Mengajar itu merupakan salah satu syarat untuk bisa menjadi seorang Guru. Namanya juga FKIP, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. So pasti profesinya adalah mengarah ke Guru. Menjadi seorang Guru itu harus memenuhi kualifikasi dan juga dituntut menjadi seorang yang profesional. Maka dari itu hanya alumni dari FKIP saja yang mempunyai Akta Mengajar ini. Seperti halnya dengan profesi dokter, pengacara, apotekker, nurse, nah mereka juga itu wajib mengambil pendidikan profesi mereka sebelum mendapatkan gelar atau spesialis mereka.

Sekarang ini alumni dari Fakultas non Keguruan bisa juga mengajar tapi dengan syarat mereka juga harus memiliki Akta Mengajar, yaah dengan cara mengikuti program Akta IV selama setahun. Yang mana mereka akan dibekali dengan ilmu-ilmu kependidikan yang secara general meliputi: Pengantar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran, Profesi Kependidikan juga Praktek, PPL (mata kuliah lengkapnya bisa dilihat disini)

Okaaay, kembali ke judulnya....

Miss to Teach!!

gambar dari sini

Yup, beakangan saya merasa rindu mengajar. Oh ya, seorang alumni FKIP itu pasti pernah melewati masa MENGAJAR. Saat dimana kita dibawa langsung ke dunia nyata untuk mempraktekkan ilmu yang kita dapatkan dibangku kuliah, begitu pun juga saya. Saya terjun langsung ke sekolah untuk mengajar itu di tahun 2008, selama kurang lebih 3 bulan saat saya mengambil KKP atau Kuliah Kerja Praktek *di tempat lain masih menggunakan istilah KKN*

Naaahh, selama KKP ini banyak suka duka yang saya rasakan dan pastinya banyak pengalaman juga. Bisa berbagi ilmu dengan adik-adik, kebetulan waktu itu saya mendapatkan lokasi di SMA N 9 Kendari, yups pastinya ngajar anak SMA.

Pengalaman mengajar sebenarnya gak hanya saat saya KKP saja, tapi setelah itu saya juga sempat mengajar private ke salah seorang anak SD tetangga saya. Tapi berhubung si adik Kenny ini pindah rumah dan saat itu saya lagi sibuk-sibuknya dengan skripsi maka les private nya diberhentikan.

Alhamdulillah, setelah selesai skripsi kemarin ada tawaran dari teman tuk handle satu kelasnya di salah satu tempat kursus yang ada di kota ini. Yasud, Alhamdulillah banget ada kerjaan freelance kayak gini. Masuklah saya di tempat itu, dapat kelas anak-anak SD lagi. Ngajar ditempat itu kurleb 4 bulan *sebelum dapat kerjaan yang sekarang*

Kenapa saya tiba-tiba jadi rindu mengajar?
Gak tau kenapa rasanya saya kangen aja dengan suasana ruangan kelas yang ramai, suara anak-anak yang bervariasi, kelakuan mereka, cara belajar mereka, ada yang semangat belajarnya meledak-ledak, ada yang biasa-biasa saja, dan ada juga yang gabungan dari keduanya atau mungkin moody untuk belajar ;))

Yah, bagi saya pribadi mengajar bukan hanya proses transfer ilmu ke anak didik atau siswa, tapi juga proses belajar yang mana bukan hanya siswa-siswa yang belajar melainkan saya juga harus ikut belajar. Belajar memahami karakter orang, membaca situasi kelas, membuat situasi belajar tidak monoton dan membosankan, juga belajar mengenai materi yang akan saya ajarkan *sok banget yaa bahasanya* :))

Tapi begitulah, dengan mengajar otomatis saya juga harus lebih belajar lagi mengenai materi yang akan saya ajarkan tersebut. Gak boleh terlihat blo'on kan didepan siswa? tapi gak boleh sok pintar binti sok tau juga kan? :D

Arghh... pokoknya saya rindu binti kangen mengajar!! Bukan karena bosan dengan kerjaan yang sekarang, BUKAN!! Tapi rasanya ada 'panggilan' tersendiri untuk melakukan kegiatan itu lagi. Berbagi ilmu dan berguna tuk orang lain, sekalian sebagai bekal saya dihari akhir nanti, Amin Yaa Rabb
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”. (Al-Ashr: 1-3)

Nabi SAW. bersabda "Apabila seorang manusia mati terputuslah daripadanya amalannya melainkan tiga hal: sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, anak sholeh yang mendoakan untuknya -orang tua-" (HR Muslim)

Sudah ah, kayaknya postingan kali ini sudah terlalu panjang dan semoga gak ada yang eneg ya membaca cerita dan pemikiran saya kali ini :)

Oh ya, anyway by the way bus away on the way, hari ini si boss nyampe Kendari lagi. Artinya besok mereka (boss 1 dan boss 3) mulai masuk kantor lagi, dan itu artinya juga saya akan sok sibuk lagiiii... ke lapangan dan juga ngurus segala hal bersama mereka. Maafkan diriku yaaa klo nantinya gak bisa sering-sering BW ke rumah teman-teman, tapi saya akan usahakan tuk tetap tau updatean cerita temans smua :)


22 comments:

  1. aku baru tau kalo diah adalah seorang guru
    menjadi seorang guru itu hebat
    bisa membuat anak didiknya sukses ^_____^
    kenapa diah gak mengajar lagi?
    Biar bisa mengobati rasa rindu mengajarnya
    kalo ga ada muridnya aku mau koq jadi muridnya diah :p

    ReplyDelete
  2. Horee aku jadi pertama
    hihi padahal mang udah pertama dr kmarin ya ^____^

    ReplyDelete
  3. Berarti emang benar2 berjiwa pendidik tuh.., karena justru banyak orang yang menjadi guru krn terpaksa dan tak suka mengajar.

    ReplyDelete
  4. padahal dulu cita-citaku jadi guru lho...
    tapi kok malah nyasar ya...
    hehehe

    ReplyDelete
  5. Akankah mengajar / jadi guru lagi..?

    ReplyDelete
  6. aw aw..ternyata diah ibu guru yaa, trs knp lebi milih ngantor skg di?
    aku pikir diah tu anak teknik loh :D *jauuh banged yag :p

    ReplyDelete
  7. mama aku guruu.. hehe*ngga pnting

    ReplyDelete
  8. salam ya bu duru..hehe

    ReplyDelete
  9. so you miss teaching? wow... indeed,i always miss my students when i'm not teaching them. like during weekend or school holiday.

    and it made me sad, well actually it MAKES me sad when i have to face the fact that i wont be able to teach several classes, again, this academic year 2010-2011 :((

    cerita selengkapnya ttg itu udah aku posting di blog :)

    ReplyDelete
  10. Guru adlh pahlawan tanpa tanda jasa :D
    slm kenal...
    kunjung balik...n don't forget to follow my blog... thanks

    ReplyDelete
  11. @Ria: hehheh *blush*
    pengen ngajar sih mbak, tapi blm ada orderan :))
    aduuh makasih mbak, sini gih Sabtu Minggu kita mulai belajar yaak :p

    @Mbak Reni: Iyah Mbak, semoga saya bisa pnya jiwa pendidik itu :D
    nanti mbak, mgkn bukan sekarang waktunya ngajar lagi :D

    @Riesta: oh yaa?? gpp Riest, yg penting nanti klo dah jadi ortu kan bisa ngajar jg (ajar anak2 sendiri) :D

    @Devi: heheh, bukan milih Dev, tapi mgkn rejekinya disini dulu, saya yakin Allah akan memberi saya yg terbaik, tinggal nunggu waktunya aja, Amin ;)

    @Putri: oh ya?? woooww, salam tuk Mamanya yaa :)

    @Tukang colong: salam :D

    @Mam Tyka: huhuh, really.. I also miss my class :(
    anyway postingannya dah kubaca mbak + comment ;)

    @Adlan: Yup Yup, makasih dah mampir, salam knal balik :)

    ReplyDelete
  12. aku juga baru tau :o
    hebaaat *tepuk tangan*
    kata guruku biasanya yanng jadi guru itu tulisannya bagus :D *teruskenapa*

    ReplyDelete
  13. wah,, FKIP to..? saya dulu juga sempet masuk IKIP, tapi ternyata ngga jadi ;(

    eniwei, cerita ini mengingatkan saya pada masa-masa saat saya juga masih suka ngajar privat.. harus belajar materinya lagi.. tapi emang nyenengin.. heheh jadi berasa muda banget dah.. pantes guru2 itu awet muda ya.. :)

    ReplyDelete
  14. Hi, hope it's OK to contact you here. We would love to include your blog on our giveaway search engine: Giveaway Scout (http://www.giveawayscout.com). Have a look and if interested, use our online form to add your blog (http://www.giveawayscout.com/addblog/ ). thanks, Josh

    ReplyDelete
  15. Waaahh ibu guru :)

    yap, that's what I called life / work for passion. ada kerinduan dan panggilan tersendiri untuk melakukannya. karena kita melakukan hal tersebut bukan karena semata-mata kebutuhan materi atau kewajiban, tapi karena kita bisa mengaktualisasikan diri disitu.

    great job for you :)

    ReplyDelete
  16. waaaa aku juga bru tau euy klo mbak itu ibu guru.. xD
    ajarin aku dong.. haha

    ReplyDelete
  17. @Diana Afifah: hohohh, tapi tulisan saya biasa2 saja ya dek :D

    @Sapidudunk: ooohh, pernah masuk IKIP ya?? heheh, ngajar emang menyenangkan *klo kita enjoy melaksanakannya* ;)

    @Josh: OK

    @Merry: yuuupp, setujuu Mer, klo kita enjoy ma kerjaan itu, kita pasti akan merasa 'kerasan' and really like it.. eksplorasi diri jadi yg utama :D

    @Nuy: hehehh, mau diajarin apa Nuy?? :D

    ReplyDelete
  18. met pagi diah ^____^
    telat ga hari ini :p

    ada award buat diah save yah ^^
    ada disini
    http://riaadria.blogspot.com/2010/07/terjadi-di-malam-minggu.html

    ReplyDelete
  19. waaah aku baru tau kalo kamu guru :D heheheh kenapa emang ga ngajar lagi? semoga bisa kembali mengajar yaa. aku juga suka loh kalo bisa bagi ilmu kaya ngajar-ngajar gitu :3

    ReplyDelete
  20. eh iya
    aku juga baru tau loh kamu itu guru sama kayak jeng ria yang juga baru tau, heheu..
    aku juga suka mengajar, tapi aku bukan guru
    yang guru itu ibuku, heheu..

    baru ngeblog lagi nih
    kemarin2 aku malas banget, heu...

    ReplyDelete
  21. @Ria: okay mbak, siipp.. tengkyuuu yakk ;)

    @Ata: kenapa ya?? tempat ini dulu yang menerimaku, mgkn disuruh belajar dulu biar banyak pengalaman, insyaAllah nanti ngajar lagi *Amin* ngajar emang menyenangkan, klo kita enjoy menjalaninya ;)

    @Rosa: hehehh, keknya komennya hampir sama *secara rata2 pada baru kenal daku dan gk tau perkembangan daku wktu kul dulu* xixixii...

    anyway salam tuk Ibunya yaa Rosa :)

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca [tinggalkan seserahan juga boleh :P]

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

^^thanks for reading^^

Link With in

Related Posts with Thumbnails